Indonesia Cellular Award Juaranya para Juara

Indonesia Cellular Show 2014 berakhir sudah. Banyak catatan yang ditorehkan industri telekomunikasi seluler di tanah air. Semuanya dibalut dengan kecanggihan dan jualan. Di sisi teknologi, kecanggihan menjadi benang merah produk berkualitas. Walhasil, tinta emas pun akan selalu ditorehkan even tahunan ini. Di vendor misalnya, iklim persaingan yang dimunculkan semakin positif. Tidak ada yang bisa menepikan itu. Perang di hardware, layar, dan desain menjadi bumbu penyedap yang terasa aromanya. Menjadi produk terbaik menjadi idaman. Agar bisa mendapat atensi lebih di mata konsumen. Seolah tak pernah kering inovasi, vendor pun hadir menawarkan ragam produk dengan variasi seri yang memesona.

Kinerja menjadi tolak ukur yang paling menyolok untuk dicermati. Ada Samsung, LG, Sony, Nokia, dan BlackBerry sebagai salah satu super star yang sering mendominasi. Kali ini pun namanama di atas juga menyabet beberapa penghargaan. Bahkan ada pula yang menjadi terbaik di Indonesia Cellular Award 2014; penghargaan yang diberikan kepada industri telekomunikasi di tanah air. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, konsumenlah yang menjadi juri paling objektif.

Menyitir dari ungkapan mendiang Steve Jobs, bahwa konsumen lah yang menjadi DNA perusahaan miliknya (Apple Computers), mereka pula yang paling berhak memberikan jempol ke atas atau ke bawah kepada Anda, para pelaku industri. ICA 2014 yang merupakan satu-satunya ajang penghargaan yang digelar oleh Tablod SINYAL, dan Majalah FORSEL bekerja sama dengan Dyandra Promosindo dan Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI), tahun ini menggelar 19 kategori dan 1 penghargaan khusus bernama Telco Person of the Year.

Metodenya melalui tiga tahap, diawali dengan usulan dan seleksi untuk menentukan nominee dari 18 kategori dari dewan juri. Disusul dengan tahap rekonfrmasi data nominee pada setiap kategori untuk kemudian melakukan persiapan pemuatan di website. Di tahap ini tim teknis melakukan persiapan untuk metode satu orang satu vote. Sementara itu Yahoo Indonesia yang merupakan partner voting juga melakukan hal sama.

Tahap terakhir adalah proses voting yang berlangsung selama dua minggu. Konsumen dapat menentukan pilihannya melalui microsite yang tersedia di lebih dari tujuh website yang berada di bawah naungan Gramedia Majalah, Kompas Gramedia Group atau lewat situs Yahoo Indonesia. Sampai batas akhir, terkumpul 13.208 vote. Untuk selanjutnya diteruskan dengan sidang paripurna dewan juri untuk memastikan keabsahan pemenang yang merupakan murni hasil voting dari konsumen Indonesia.

Oleh sebab itu, Indonesia Cellular Show (ICA) 2014 merupakan satusatunya ajang penghargaan yang melibatkan 100 persen konsumen dan tidak ada intervensi dari pihak mana pun. Kategori Best of The Best Smartphone baru dapat ditentukan setelah menimbang pengumpulan predikat terbaik dari beberapa kategori. Tahun ini, Sony XperiaTM Z2 terpilih setelah menyabet tiga penghargaan. Yakni The Best Performance Mobile Phone,The Best Multimedia Mobile Phone, dan The Best Camera Mobile Phone.