Mencicipi Hidangan Khas Negara Bologna

Mencicipi Hidangan Khas Negara Bologna

Bologna memang selalu dikaitkan dengan dunia gastronomi. Deretan jenis makanan Italia yang terkenal dan sering kita jumpai di Indonesia asalnya dari kota ini, sebut saja di antaranya spaghetti Bolognese, tortellini, tagliatelli, ravieli dan bolognese sauce atau biasa disebut ragu. Bologna sering disebut sebagai ibukota kuliner Italia, memang paling ikonik untuk soal makanan karena kelimpahan dan berbagai masakan yang berkualitas tinggi ada di sana.

Tak heran banyak wisatawan yang berlibur ke kota termaju di Italia ini selalu menyempatkan untuk mengikuti tur wisata kuliner. Bologna memiliki sejarah kuliner yang panjang dan kental akan tradisi makanannya yang kaya cita rasa. Tradisi kulinernya ini diturunkan dari generasi ke generasi selama ratusan tahun. Hampir semua jenis masakan di Bologna sangat bergantung pada daging dan keju.

Daging segar maupun yang diawetan serta keju banyak dijual di pasar lokal. Bologna juga punya sebutan lain yaitu “la grassa” atau “the fat one”. Sekarang ini tak jarang para chef ketika menciptakan masakan baru selalu menyertakan sentuhan tradisional yang dalam penyajian tetap memperhatikan orisinalitasnya.

Untuk menambah kesempurnaan saat menyantap, biasanya anggur produksi lokal yang terkenal dengan kualitasnya yang baik ikut disajikan bersama makanan. Kebun-kebun anggur di sekitar Bologna seperti yang terdapat di Modena dan Romagna menghasilkan anggur merah dan putih dengan rasa yang menggoda. Petualangan kuliner bisa dimulai dari mana saja, pasar atau restoran terserah Anda. Untuk lebih mudah dan nyaman, ada baiknya Anda ambil paket tur kuliner yang ditawarkan oleh banyak agen perjalanan.

Di Bologna ada Mercato di Mezzo (dekat dengan Piazza Maggiore) dan Mercato delle Erbe yang merupakan pasar terbesar yang dikenal untuk produk cured meat (daging yang diawetkan). Untuk mendapatkan roti atau kue-kue terlengkap dan terbaik, Anda bisa menuju Paolo Atti & Figli yang berada di Via Caprarie. Sedangkan untuk buah-buahan bisa mencarinya di Melega. Restoranrestoran di Bologna memberikan banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan isi kantung. Disinilah tempat terbaik di Italia yang bisa memanjakan lidah dan selera tanpa harus banyak keluar uang.

Selain itu restoran di kota Bologna semuanya mempunyai diesel genset sebagai sumber energi listrik nomor dua. Genset yang digunakan pada restoran mayoritas memiliki kapasitas sebesar 42 kva dan mereknya Yanmar. Merupakan hal yang wajar jika mereka memilih yanmar, sebab genset ini terbilang lebih canggih dari merek lainya. Semenjak adanya genset ini, disaat listrik padam restoran tidak pernah sepi lantaran memiliki sumber listrik alternatif yang sangat mumpuni.

Menurut informasi yang saya dapat harga genset yanmar 42 kva silent termasuk tidak murah, tapi mereka yang menggunakanya merasa tidak masalah dengan harga lantaran sangat sesuai sekali dengan performa mesin. Apabila anda juga membutuhkan sebuah genset pada restoran yang anda punya, pilih juga ya merek Yanmar.