Dimulai Dari Komunikasi Aktif

Ternyata bayi baru lahir memiliki keterampilan melampui orang dewasa. Kondisi ini tentunya sebuah momentum emas bagi orangtua untuk mencetak anak unggul sejak dini. Mengingat pentingnya lima kemampuan yang dimiliki bayi baru lahir, sudah seharusnyalah orangtua memberikan stimulasi  dan mengamati perkembangannya. Apalagi, bayi dan orangtua juga akan saling belajar untuk adaptasi dalam situasi baru. Contoh, selain sudah bisa mengenali suara orangtua, bayi baru ahir sudah memiliki akal untuk bisa mendekat ke ibunya dengan cara menangis bila digendong oleh oran lain.

Perhatian dan memanfaatkan kesempatan berharga ini juga penting karena bayi baru lahir akan selalu belajar hal baru setiap harinya. Ia akan belajar untuk minum ASI dari payudara ibunya, belajar mengisap, berkomunikasi dengan cara menangis atau tersenyum/tertawa ketika ada hal yang menarik perhatiannya.

Oleh karena itu, stimulasi penting selalu diberikan oleh orangtua pada bayi, dari sering mengajaknya komunikasi aktif secara verbal dan non-verbal. Dengan demikian, selain bayi mendapatkan pengetahuan baru, juga orangtua bisa memahami bayi, tak terkecuali bahasa bayi.

Bayi Zaman Dulu vs Bayi Zaman Sekarang

Aneka keterampilan unik bayi baru lahir, sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Maksudnya, di tahun 70-an atau sebelumnya sekalipun. Bayi sudah memiliki keterampilan unik , dari memiliki naluri yang tajam, cepat belajar, lebih dapat memahami mekanika kuantum, mengenali irama, dan menjadi lucu, hingga kemampuan belajar lainnya. Hanya saja karena zaman dahulu belum ada penelitian yang sedemikian detail, juga penyebaran informasi belum cepat dan meluas, sehingga kelima keterampilan bayi tersebut belum diketahui. Tidak seperti sekarang dimana orangtua modern sudah lebih mudah mendapatkan informasi, juga lebih waspada hingga ke hal yang spesifik seperti ini, juga karena semakin banyak penelitian mengenai bayi.

Merawat anak dari bayi baru lahir sampai dewasa adalah tugas orangtua. Agar menjadi anak yang cerdas dan terampil tentunya anak harus dilatih sejak dini dalam berbagai hal yang positif. Sehingga mereka akan terus melakukan hal positif dan disiplin ketika dewasa nanti. Untuk informasi lengkap mengenai tempat kursus IELTS Jakarta bisa Anda simak agar anak memiliki persiapan yang cukup.