Perkembangan Perangkat Konsol Genggam

Razer Edge

Begitu mendengar nama Razer, gamer akan membayangkan salah satu produsen perangkat gaming ternama. Kenyataannya, mereka tidak hanya berkutat pada pengembangan mouse, keyboard, mousepad, dan headset seri gaming. Perkembangan industri mobile yang sangat dinamis membuat mereka tidak mau ketinggalan untuk meramaikannya. Untuk urusan konsol, mereka menghadirkan Razer Edge, sebuah perangkat pemain berbasis sistem operasi Windows 8. Ya, bentuknya yang mirip dengan tablet menjadikannya sebuah perangkat bermain yang lebih ringkas dari notebook.

Menggunakan OS Windows pastinya akan menyediakan game-game yang bisa berjalan pada platform PC. Keuntungan tambahan lainnya, Razer Edge tidak akan membatasi jenis game yang dapat dijalankan selama spesifikasi yang dibutuhkan tidak berlebihan. Calon pembeli mungkin tidak akan ragu saat membelinya karena spesifikasi yang tertanam masih termasuk ke dalam kategori mainstream.aknya tablet, seperti mengakses email, menonton film, dan memutar musik.

Nintendo DS

Sebagai pemain lama untuk urusan konsol mobile, Nintendo juga terus memamerkan inovasinya. Hanya saja, mereka tidak menjadikan tampilan visual sebagai prioritas utama dalam pengembangan perangkat tersebut. Menciptakan game-game menarik dan berkelas yang dikemas dalam tampilan visual yang lucu, sehingga bisa dinikmati oleh setiap kalangan masih menjadi salah satu filosofi mereka dalam mengembangkan game dari segi hardware dan software.

Nintendo DS menjadi konsol mobile yang siap mewujudkannya. Karakteristik yang paling terlihat dari DS adalah penggunaan dua layar dalam satu perangkat, sesuai dengan kepanjangan dari DS (Double Screen). Sejak memulai debutnya pada tahun 2007, konsol mini dengan sistem operasi mandirinya ini terus mengalami evolusi. 3DS dan 2DS adalah dua konsol mobile andalan Nintendo saat ini. Sekadar informasi tambahan, 3DS meluncur terlebih dahulu daripada 2DS. Perbedaan yang sangat menonjol dari keduanya adalah 2DS tidak mendukung flip-screen dan dirilis untuk wilayah tertentu saja.